Manfaat Bergabung Grup Support Media Sosial

Support Media Sosial


Siapa yang pernah atau sedang bergabung Grup Support media sosial ? Biasanya ada di Whatsapp Grup untuk saling support media sosial. Saya sendiri mengakui bahwa bergabung beberapa grup support media sosial terutama untuk meningkatkan engagement Instagram.

Awalnya saya tidak mengetahui apa itu grup support media sosial. Baiklah, saya ingin bercerita sedikit yah awal mula saya berminat gabung di grup suppoert media sosial yang ternyata jika dimanfaatkan akan sangat berguna sekali untuk meningkatkan engagement Instagram.

Ketika terjun ke dunia blogger saya melihat beberapa teman blogger yang sudah senior aktif sekali memposting link artikel mereka ke Instagram. Tentu saja diberi pemanis gambar dan narasi yang membuat follower penasaran untuk membaca artikel teman blogger saya itu.

Beberapa grup support media sosial antara lain:
  • Follow for follow
Dalam program follow for follow ini setiap member diwajibkan follow akun teman sesama grup support media sosial. Tentu diharapkan jika saling support dengan melakukan follow akan menambah jumlah follower. Adanya penambahan jumlah follower tentu akan meningkatkan performa akun media sosial kita. 

Saya pernah mengikuti program ini untuk akun Instagram namun karena terlalu sering follow maka akun Instagram saya kena banned atau pembatasan selama 1x24 jam. Saran saya untuk kalian yang ingin mengikuti program follow for follow adalah melakukan followe secara bertahap 50 akun per 30 menit lalu dilanjut lagi satu jam kemudian demi menghindari banned oleh Instagram.
  • Like by Hashtag
Program ini yang sering saya ikuti karena lebih aman dengan hanya like foto beberapa akun media sosial anggota. Namun sama dengan program follow for follow, kita tidak boleh terlalu banyak melakukan like pada foto akun lain. Usahakan maksimal like foto sebanyak 300 saja setiap jamnya. Selebihnya beri jeda antara satu sampai dua jam untuk melakukan like foto akun media sosial lain. 
  • Likom atau yang disebut like and koment
Saya pribadi baru melakukan like and koment sebanyak dua kali saja karena agak memakan waktu yang lama. Selain agak memakan waktu lama, terkadang suka mentok mau koment apa, hehehe. Hal ini dikarenakan pada umunya koment harus lebih dari 5 kata dan tidak boleh hanya kata yang itu-itu saja.

Adapun media sosial yang digunakan untuk saling support antara lain Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok. Ketika masuk ke suatu grup atau komunitas support media sosial pasti ada beberapa peraturan yang harus kita taati, diantaranya:
  1. Dilarang unfollow jika sudah mendapat follow sesama anggota
  2. Jika ada program like by hashtag, jangan ikut lebih dari satu komunitas.
  3. Jika mengambil job di komunitas maka usahakan jangan double job karena jika diketahui maka akan diblock. Kalau sudah di block pasti akan kesulitan donk mendapat informasi mengenai job-job yang akan tayang.
Berbicara mengenai point ke dua dimana sering para influencer mengikuti lebih dari satu grup support media sosial sehingga ada adab-adab yang harus diikuti. Jangan sampai hanya karena ingin meraih engagement tinggi di media sosial maka terpaksa diblacklist oleh admin grup support media sosial. Komitmen harus tetap dijaga sebagai influencer yang ingin punya nama baik di komunitas.

Grup Support Media Sosial: Jalin Relasi dan Tingkatkan Engagement

Beberapa manfaat bergabung grup support media sosial antara lain:
  • Menambah Teman
Awalnya saya ditawari teman saya sesama blogger untuk bergabung ke grup support media sosial yanga da di whatsapp. Karena saya masih awam di bidang inluencer dimana membutuhkan support seperti like dan koment, maka saya iyakan tawaran tersebut. Selain saya juga memerlukan jaringan pertemanan yang luas agar dapat semakin mengetahui seluk beluk dunia blogger dan influencer, tentu saja bergabung di grup support media sosial menjadikan kita lebih paham bagaimana cara kerja media sosial.
  • Meningkatkan Engagement Media Sosial Kita
Siapa sih yang tidak ingin akun media sosialnya dikenal masyarakat luas. Kalau kita lihat artis atau selebritis dimana mereka public figure, maka sekali posting foto di Instgram saja sudah mendapat like ratusan ribu dari followernya. Belum lagi komentar dari netizen baik itu follower maupun yang bukan follower.

Nah, ketika kita bergabung di grup support media sosial maka ada program yang namanya LIKOM atau kepanjangan dari like and koment dimana antar anggota saling memberi like dan komentar. Biasanya pada hari-hari tertentu ketika kolaborasi beberapa grup support media sosial, kita akan mendapatkan like mencapai ratusan dari anggota lain. 

Tentu saja jika banyak like yang kita peroleh di salah satu postingan media sosial maka dapat meningkatkan engagement. Kalau kita menjalani profesi sebagai influencer maka bisa jadi akun media sosial kita bisa muncul di beranda media sosial orang lain dan ada kemungkinan difollow oleh netizen tersebut.
  • Membuka Peluang Penawaran Job
Ketika melihat para member di grup whatsapp support media sosial banyak mendapat tawaran endorse barang maka tentu terbersit keinginan saya ingin menjadi seperti mereka. Siapa yang tidak tergiur dengan banjir tawaran job menjadi influencer di media sosial. Mungkin bayaran yang diterima tidak seberapa namun pengalaman yang didapat mungkin akan sangat berharga bagi saya.

Salah satu bentuk pengalaman baru tersebut adalah saya jadi bisa mempelajari teknik pengambilan foto dengan pencahayaan yang tepat dan bagus. Selain itu saya juga banyak mendapat informasi mengenai aplikasi membuat video beserta editingnya.

Dengan bergabung di grup support media sosial kita bisa mencari informasi dengan member lain bagaimana ikut terjun ke dunia influencer. Setelah bergabung ke komunitas influencer tentu saja akan membuka peluang job terbuka lebar asalkan kita juga rajin mengisi form jika ada tawaran. 

Kesimpulan

Tidak ada salahnya mengikuti banyak grup support media sosial karena dapat memperluas wawasan dan juga koneksi semakin banyak. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita mentaati peraturan tiap grup tersebut.

Jika kalian ingin membaca artikel tentang review film, bisa kepoin blognya Kak Ipeh Alena. Di blog Kak ipeh juga ada tips seputar teknologi juga loh sehingga kalian bisa tahu bagaimana tips ketika ingin membeli handphone baru.

Selamat membaca!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak