Menulis di Blog Setiap Hari, Bisa!

 
Menulis di Blog



Siapa bilang kita tidak bisa menulis di blog setiap hari. Bisa banget kok kalau punya niat yang kuat. Ingat, niat yang kuat lho ya. Saya aja nih yang masih aras-arasen kalau kata orang Jawa. Seperti yang ditulis oleh kawan blogger saya, Mbak Deris Afriani bahwa hambatan malas menulis itu harus dilawan dari dalam diri kita sendiri.

Sebenarnya saya malu karena artikel kali ini bermaksud memberi motivasi namun diri sendiri masih suka tidak disiplin. Tapi tidak apa-apalah, semoga tulisan kali ini bisa menjadi pelecut agar bisa menulis di blog setiap hari. Biar tidak banyak tikusnya rumah yang sudah lama tidak dihuni ini.


Membiasakan Menulis di Blog Setiap Hari

Jadi segala sesuatu harus dibiasakan, termasuk menulis di blog setiap hari. Sama halnya dengan seseorang yang tidak bisa bangun pagi, maka salah satu cara agar dia bisa bangun pagi adalah memasang alarm setiap hari. 

Sama halnya dengan kegiatan menulis di blog yang membutuhkan tekad kuat untuk dapat menulis setiap harinya. Saya sendiri tidak punya tips khusus agar bisa menulis setiap hari namun saat ini punya gambaran bagaimana bisa produktif setiap hari menulis di blog.

Adapun tips dari saya agar bisa menulis di blog setiap hari antara lain:
  • Buat Bank Ide atau Tema
Sebisa mungkin tema yang ingin ditulis dikategorikan terlebih dahulu agar tidak bingun walau sudah menentukan tema. Misal hari Senin menulis tentang tema kuliner, Selasa menulis tentang review tempat dan seterusnya.

Dengan begini kalian tidak akan bingung ketika akan menulis di blog setiap hari. Karena saya sendiri pernah merasakan ketika mengikuti tantangan menulis selama 30 hari yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Ada tema yang ditentukan oleh Blogger Perempuan sehingga saya tinggal mengembangkannya saja.
  • Tentukan Waktu yang Tepat Untuk Menulis
Sejujurnya waktu produktif saya untuk menulis ada di kisaran pukul 19.00 sampai pukul 21.00. Singkat banget ya! Karena saya belum kuat untuk melekkan seperti kawan blogger lainnya.

Saya sudah mencoba hampir 3 bulanan untuk tidur sampai jam 00.00 dini hari namun yang ada pagi harinya seperti badan sakit semua. 

Namun anehnya saya sanggup berjam-jam apabil mulai menulis di pagi hari jam 03.00 misalnya. Tapi terkendala dengan waktu kerja dan bersih-bersih rumah.

Akhirmya saya memutuskan untuk mencoba semampu badan saja ketika hendak berniat tidur malam. Biasanya sih sambil menunggu suami pulang kerja sekitar pukul 22.00 mentok mata ini kuat melek, hehehe.
  • Sering Membaca Buku
Banyak beberapa status teman blogger yang mengatakan jika tulisanmu ingin semakin bagus kualitasnya maka harus sebanyak mungkin membaca buku. Saya merasa pendapat tersebut banyak benarnya juga.

Dulu awal-awal menulis malah teman saya pernah bilang kalau tulisan saya mirip anak SD alias Sekolah Dasar, hehehe. Entah kenapa saya tidak marah dia mengatakan hal tersebut. Justru semakin menjadi pelecut untuk memacu memperbaiki kualitas tulisan.

Saya putuskan untuk membaca buku-buku ringan terlebih dahulu. Kebetulan saya pribadi suka banget baca buku non fiksi apalagi yang temanya tentang motivasi. Saya tidak terlalu suka membaca novel fiksi yang penuh imajinasi karena tidak pandai berimajinasi. 

Pernah sekali membaca novel fiksi itupun karena ikut tentangan membaca yang diselenggarakan oleh komunitas. Agak pusing juga mencerna bacaan fiksi apalagi yang bercerita mengenai kehidupan luar angkasa. 

Ohya, selain membaca buku-buku kalian juga harus melakukan tindakan ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi tulisan blogger atau penulis lainnya. Bukan berarti kalian melakukan plagiasi yah karena tentu saja hal ini melanggar hukum ada konsekuensinya jika melakukan tindakan plagiarisme.

Yang harus kalian tiru dan modifikasi dari blogger lain adalah bagaimana cara mereka menyampaikan sesuatu ke dalam bentuk tulisan. Saya punya pengalaman pribadi dimana ketika mengikuti lomba blog, tulisan saya langsung menuju poin yang ingin dibahas.

Ternyata hal tersebut kurang tepat menurut saya pribadi. Karena setidaknya ketika menulis suatu tema kita harus memulainya dengan pendahuluan agar enak untuk dibaca. Ibarat laki-laki yang naksir pada seorang perempuan tentu harus melakukan pendekatan dulu donk baru nembak, hehehe. Kalau langsung nembak nanti si perempuan tentu akan ilfeel donk ya. 

Sama dengan pembaca, tentu akan tidak betah berlama-lama membaca tulisan saya yang tidak ada pembukaannya terlebih dahulu. Bercerita dengan menggunakan gaya story telling mungkin lebih menarik untuk sebagian pembaca.

Kesimpulan

Jadi untuk kalian yang serius terjun ke dunia blogger tentu harus mempersiapkan segala sesuatu termasuk tema tulisan. Banyak tips menulis yang dibagi oleh Mbak Deris Afriani dalam blognya, kalian bisa kepoin juga lho. Saya juga terinspirasi dengan beliau.

Menulis di blog setiap hari ini bukan hal yang mustahil, akan tetapi kalianlah yang tahu kelebihan serta kelemahan diri sendiri.

Semakin banyak tulisan di blog kita dan terindeks Google semuanya, maka semua orang tanpa terkecuali di belahan bumi manapun yang terkoneksi dengan internet bisa membacanya. 

Tentu menulis di blog setiap hari merupakan personal branding tersendiri untuk kita sebagai blogger. Karena bukan tidak mungkin salah satu dari sekian banyak tema yang kita tulis menarik minat sebuah brand dan menawarkan kerja sama di kemudian hari. Menarik bukan!

Jadi tetap semangat yah untuk teman-teman blogger di luar sana. Yuk mulai latihan menulis di blog setiap hari. Saya, Anda dan Kita bisa!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama