Link Shopee Disini

Tips Sehat Untuk Karyawan

 
Tips hidup sehat


Kalau kalian yang membaca artikel saya sebagai seseorang yang bekerja kantoran, maka saya punya tips sehat untuk karyawan nih. Seorang karyawan seharusnya menerapkan pola hidup sehat agar tetap semangat bekerja dan tidak gampang sakit.

Jika kalian sudah jadi ibu pasti punya cara untuk menjaga imun keluarga. Tapi bagaimana jika masih belum berkeluarga namun dituntut untuk bekerja selama 8 jam sehari, tentu harus memikirkan diri sendiri donk. Bagi yang belum menikah, tidak mungkin bergantung pada Ibu sebagai orang tua yang selalu mengingatkan untuk makan dan sebagainya. Ibu juga akan menua seiring berjalannya waktu, sehingga bagi kalian yang sudah bekerja sudah mulai untuk memperhatikan kesehatan diri sendiri.

Saya ingin bercerita sedikit mengenai dua orang rekan kerja di kantor yang sangat tidak concern terhadap kesehatannya. Sering kali saya nasehati namun tidak mempan juga. 

Baiklah saya mulai saja ceritanya ya. Demi menjaga privasi mereka berdua, maka saya akan sebut inisial saja.

Pria Dengan Kecanduannya Terhadap Kopi

Sebut saja namanya Jono yang sangat keranjingan minum kopi. Kalau dihitung-hitung, ada sekitar 5 sampai 6 kali Jono minum kopi entah di kantor ataupun pergi ke warkop.

Karena terlalu sering minum kopi akhirnya Jono sering tidak masuk kerja dengan alasan sakit kepala hebat. Namun dia tidak memeriksakan kesehatannya. Kami semua teman kantornya curiga Jono terkena tekanan darah tinggi akibat intensitas tinggi minum kopi.

Untungnya Jono masih single, jadi tidak masalah juga mau dialokasikan uangnya hanya untuk membeli secangkir kopi. Tapi kalau terus menerus bisa mengakibatkan kantong bolong dan kesehatan makin menurun donk.

Lelaki Yang Selalu Begadang dan Lupa Makan

Nah, kalau ini unik sekali saudara-saudara. Sebut saja nama teman saya ini Joni dimana walau sudah memiliki istri namun hidupnya tidak teratur macam bujangan saja.

Si Joni sering sekali pulang larut malam sampai pukul 22.00 WIB entah apa yang dikerjakan. Ya walaupun banyak pekerjaan namun setidaknya bisa membuat manajemen waktu yang baik agar tidak keteteran dalam bekerja.

Joni suka sekali jajan di luar macam gorengan, pentol kalau sebutan di Surabaya sampai batagor yang bumbunya dicampur jadi satu dan dimakan dengan merobek ujung plastiknya. Hampir setiap hari minum kopi sachetan dan jarang terlihat makan nasi. Ya ampuun, gimana itu metabolisme tubuhnya yak.

Beberapa kali Joni sering izin tidak masuk dikarenakan sakit pada bagian leher sampai kepala. Sepertinya ada gejala kolesterol namun hingga saat ini Joni enggan memeriksakan diri ke dokter.

Tips Sehat Untuk Karyawan yang Selayaknya Dilakukan

Dari cerita mereka berdua, ada beberapa kelalaian dalam menjalani pola hidup yang seharusnya dihindari, antara lain:
  • Konsumsi segala makanan atau minuman yang berisiko mengganggu kesehatan
Minum kopi terlalu sering, makan gorengan terlalu banyak dan konsumsi fast food dengan intensitas tinggi menimbulkan beberapa risiko penyakit yang menumpuk di beberapa tahun ke depan. Mungkin dampaknya tidak terlihat di saat ini namun ketika usia beranjak menua maka otomatis metabolisme tubuh akan mengalami penurunan yang signifikan.
  • Begadang sampai larut malam
Bagi lelaki, mungkin hal ini masih agak susah dilakukan karena biasanya ada tuntutan bersosialisasi dengan teman sebaya. Perempuan pun terkadang sering melakukannya walau tidak harus nongkrong dengan teman sebaya.

Main game online sampai larut malam juga tidak sehat lho bagi kesehatan kita. Apalagi setelah seharian bekerja lalu masih disambung dengan bermain game online di smartphone tentu selain tidak sehat bagi mata juga tidak memberi kesempatan otak untuk beristirahat.

Teman perempuan saya kecanduan bermain game online sampai jam 01.00 dini hari padahal keesokan harinya dia harus bekerja masuk ke kantor pukul 08.00 tepat. Saya pribadi mungkin tidak sanggup seperti apa yang teman saya lakukan. Namun sekali lagi hidup itu pilihan tinggal bagaimana kita mau apa tidak menjalani hidup sehat.

Lalu bagaimana agar karyawan bisa hidup sehat sembari bekerja selama 8 jam setiap hari di kantor, berikut tips sederhana dari saya :
  • Buat manajemen waktu untuk diri sendiri
Main game online boleh-boleh saja, nongkrong ya engga dilarang juga namun semua ada batasnya. Yang tahu akan kekuatan tubuh kita ya kita sendiri.

Sebisa mungkin buatlah manajemen waktu agar hidup kalian tidak berantakan yang akhirnya berdampak pada menurunnya kesehatan.

Coba misal sisihkan 2 jam untuk bermain game online, minum kopi cukup maksimal 2 gelas sehari dan jika memungkinkan nongkrong seminggu sekali deh. 

Dipraktikkan dulu selama sebulan, Insha Allah hasilnya akan nampak kok misal dengan uang yang bisa disisihkan semenjak jarang nongkrong atau mata panda bisa hilang akibat sudah jarang begadang akibat main game online.
  • Jangan lupa untuk makan teratur setidaknya 2 kali dalam sehari
Ingat, walaupun kita sering makan namun tidak memenuhi standar gizi yang dibutuhkan maka rasanya juga tidak ada gunanya. Yang ada malah penumpukan lemak yang mengakibatkan kolesterol naik.

Makanlah setidaknya 2 kali dalam sehari. Tak perlu makan mewah asalkan sudah sesuai dengan pemenuhan gizi maka kesehatan kita sebagai karyawan yang harus bekerja selama 8 jam sehari bisa tercukupi.
  • Tidur yang cukup setiap hari
Idealnya kita tidur selama 8 jam sehari. Namun sebagai orang dewasa yang tak jarang harus menyelesaikan pekerjaan di kantor dan belum lagi harus bermacet ria di jalan maka bisa jadi sampai rumah ketika malam sudah larut.

Tak apalah jika memang kondisi di lapangan menuntut seperti itu. Hanya saja ketika sudah sampai di rumah, fokuskan untuk beristirahat. Kalau bisa jauhkan smartphone dalam jangkauan dan mulainya untuk tidur meski hanya bisa 6 jam saja.
  • Olah Raga
Sisihkan waktu kita yang berstatus karyawan ini untuk berolahraga barang 30 menit saja. Tak perlu lama-lama asalkan badan bergerak dan mengeluarkan keringat.

Jangan beralasan karena pekerjaan yang sudah menumpuk sehingga tidak ada waktu berolah raga. Dengan olah raga maka setidaknya akan membuat badan tetap prima dan kesehatan terjaga.

Nongkrong bersama teman saja kita sanggup untuk melakukannya. Mengapa meluangkan waktu sebentar saja untuk berolahraga tidak sempat?
  • Jangan kebanyakan alasan
Point utama dari semua ini adalah : Jangan kebanyakan alasan! Hidup sehat kalau bukan dari sekarang kapan lagi kita memulainya.

Jangan tunggu sampai badan sakit-sakitan lalu baru berniat hidup sehat. Ingat bahwa ketika sudah sakit maka kita akan ketergantungan beberapa macam obat demi meredakan rasa sakit. Tentu akibatnya jika mengonsumsi obat terlalu banyak kurang baik untuk kesehatan ginjal kita.

Kesimpulan


Menjaga kesehatan menjadi kewajiban setiap orang baik tua, muda maupun anak-anak. Sebagai seseorang yang berstatus karyawan di sebuah perusahaan atau institusi, seberapapun sibuknya kalian tapi ingat harus tetap menjaga kesehatan yah. 

Kesehatan itu mahal harganya karena kalau sudah terserang sakit maka diharuskan periksa ke dokter, membeli obat dan tidak jarang banyak yang dilarikan ke rumah sakit untuk rawat inap. Jadi mahal kan nilai sehat itu sendiri.

Jika kalian ingin membaca artikel parenting, yuk kepoin blognya Blogger Medan yaitu kak Icha. Di sana kalian bisa kulik abis artikel seputar parenting loh.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat Untuk Karyawan"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini