Link Shopee Disini

Tips Memilih Lembaga Amil Zakat Terpercaya

 
Lembaga Amil Zakat Terpercaya


Saat ini sudah banyak sekali lembaga amil zakat di Indonesia. Namun pilihlah Lembaga Amil Zakat Terpercaya dimana Anda akan rutin mengeluarkan sebagian dari harta yang dimiliki untuk melakukan amal kebajikan.

Sebagai umat Muslim, tentunya bagi yang mampu maka wajib untuk mengeluarkan zakat fitrah mereka setiap menjelang hari raya Idul Fitri. Sementara di hari-hari biasa dianjurkan bagi kita umat Muslim untuk mengeluarkan infaq dan sedekah sebagai pensuci harta yang selama ini didapatkan.

Saya ingin memberikan sedikit pengalaman bahwa dari tahun 2008 saya mulai rutin mengeluarkan infaq dan sedekah kepada mereka yang membutuhkan.

Biasanya saya selalu menyalurkan zakat, infaq dan sedekah melalui lembaga zakat yang dekat dengan tempat tinggal. Ada petugas fundraiser yang khusus bertugas menjemput zakat, infaq dan sedekah kita. 

Dari saya pribadi, kita harus bisa mengetahui dan memilih Lembaga Amil Zakat yang terpercaya dalam mengemban amanah menyalurkan dana zakat, infaq dan sedekah milik umat.

Adapun tips dalam memilih Lembaga Zakat Terpercaya agar tepat sasaran antara lain:
  • Memiliki Legalitas Secara Hukum
Legalitas diperlukan guna memperkuat kepercayaan bagi masyarakat yang ingin berzakat, infaq dan sedekah melalui lembaga Amil Zakat tersebut.

Selain itu juga, dengan adanya legalitas hukum maka lembaga Amil Zakat akan selalu diawasi dalam setiap kegiatan operasionalnya. Jika dirasa terindikasi ada penyimpangan maka pemerintah tidak akan segan-segan mencabut legalitas tersebut.
  • Terdapat Struktur Kepengurusan yang Jelas
Adanya struktur kepengurusan dalam Lembaga Amil Zakat tentu saja akan mempermudah kita mengenali siapa saja yang bertanggung jawab terhadap penyaluran dana umat tersebut. Hal ini bertujuan agar dapat menghubungi pengurus Lembaga Amil Zakat apabila kita sebagai donatur memiliki program berdonasi secara kolektif misalnya dengan teman-teman di kantor.
  • Transparan Dalam Pengelolaan Dana Umat
Sebagai umat Muslim, walau ikhlas dalam menunaikan zakat, infaq dan sedekahnya namun tentu ingin adanya transparansi dalam pengelolaan dana mereka.

Lembaga Amil Zakat yang terpercaya tentunya setiap tahun akan memberikan laporan keuangan berupa kemana saja bantuan telah disalurkan.
  • Memiliki Integritas dan Amanah
Sebagai donatur yang rutin menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya tentu saya pribadi akan memilih lembaga Amil Zakat yang amanah dalam menyalurkan dana umat Muslim.

Hal ini tentu saja bertujuan demi tercapainya kesejahteraan umat Muslim yang memang membutuhkan uluran tangan melalui zakat, infaq dan sedekah umat Muslim lainnya yang lebih mampu secara ekonomi.

Lembaga Amil Zakat al Hilal: Wujudkan Niat Baik Anda Membantu Mereka yang Membutuhkan

Bagi Anda yang masih bingung hendak menyalurkan zakat, infaq dan sedekah kemana maka jangan kuatir karena Lembaga Amil Zakat Al Hilal dapat menjadi perantara bagi Anda untuk beramal sholeh. 

Didirikan sejak tahun 2002 di kota Bandung, LAZ al Hilal sudah berpengalaman dalam menyalurkan dana umat. Tentu saja berada di bawah izin Departemen Agama.

Bagi Anda yang berada di luar kota bahkan luar propinsi sekalipun, tidak perlu khawatir karena tetap dapat melakukan zakat, infaq dan sedekah dengan transfer ke LAZ al Hilal ke rekening yang tertera di situsnya.


Penutup

Demikian tips sederhana dari saya ketika hendak memilih lembaga amil Zakat untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekah.

Mari wujudkan keadilan sosial bagi seluruh umat Muslim dengan membantu saudara-saudara kita yang masih berada di bawah garis kesejahteraan.


Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Lembaga Amil Zakat Terpercaya"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini