Link Shopee Disini

Nyari Seblak di Kebumen? Silahkan Coba Seblak Faireen


Seblak adalah jajan ciri khas Bandung yang terakhir sedang benar-benar terkenal. Seblak populer di beberapa wilayah, tidak cuma di pulau Jawa saja. Ini karena seblak tawarkan satu cita-rasa yang khas serta unik, membuat beberapa orang ingin tahu untuk mencicip dan jatuh hati pada rasanya.

Seblak ciri khas Bandung dengan bahan dasar krupuk mentah yang dipendam ke air panas supaya benyek. Krupuk yang telah benyek ini lalu diproses plus tambahan beragam bahan pengiring seperti telur, makaroni, sosis, bakso aci, mie, sayur hijau, dan ada banyak kembali kreativitas seblak yang lain.

Anda dapat secara mudah memperoleh seblak, karena dia banyak dipasarkan di beberapa tempat. Mulai di tepi jalan sampai dalam mall. Tetapi, bila Anda berminat untuk membuat sendiri, karena itu artikel ini akan pas untuk Anda.

Riwayat Seblak

Kehadiran kulineran pedas dalam beberapa saat terakhir semakin disukai oleh warga Indonesia. Kesan pedas yang menarik memancing ketertarikan warga untuk melawan diri coba beragam tingkat pedas yang dijajakan. Salah satunya kulineran pedas terkenal yakni seblak. Makanan yang dikenali datang dari Jawa Barat ini dibuat dari kombinasi bumbu cikur (kencur) dan bermacam topping seperti krupuk kuning kenyal, mi, makaroni, bakso, aci, dan cabe. Kata seblak, datang dari bahasa sunda "segak" dan "nyegak" yang maknanya menusuk. Arti seblak diperuntukkan untuk bumbu cikur atau kencur sebagai penyedap masakan. Sementara krupuk kenyal, mi, bakso, makaroni, dan krupuk aci sebagai isi seblak.

Sejarawan kulineran Fadly Rahman menjelaskan tidak terdapat bukti tercatat yang jelas berkenaan asal-usul kehadiran seblak. "Tidak terdapat bukti tercatatnya, ada yang menjelaskan (seblak) dari Bandung, ada yang menjelaskan aslinya dari Cianjur. Tetapi yang jelas memang seblak lahir atau ada pertama kalinya di sejumlah wilayah di daerah Jawa Barat," kata Fadly saat dikontak oleh Kompas.com lewat jaringan telepon pada Jumat (25/2/2022). Fadly menjelaskan jika seblak sebagai dari hasil kreasi warga Jawa Barat yang menambahkan bermacam bahan makanan. Menurut dia, daya magnet kulineran seblak itu ada pada cita-rasa pedas yang dipandang melawan. "Bahkan juga jika disaksikan dari buku resep olahan Sunda jaman dulu, tidak ada seblak. Ini murni dari hasil kreasi angkatan muda jaman dahulu," ucapnya. Fadly sampaikan, seblak ada di Jawa Barat semenjak 1990-an dan memulai terkenal di awal 2000-an sampai sekarang ini.

Salah satunya topping yang dipakai dalam kulineran seblak yakni krupuk aci. Menurut Fadly, ini sebagai hasil modifikasi yang sudah dilakukan oleh warga pada melimpahnya produksi tapioka di Jawa Barat. "Jawa Barat itu sentral produksi tepung tapioka, karena itu banyak macam kulineran aci-acian yang terkenal," ucapnya. Ada bermacam kulineran yang dibikin dari tepung tapioka di Jawa Barat, seperti cireng (aci dimasak), cilok (aci dicolok), bakso aci, dan krupuk aci untuk topping seblak. "Maka jika ditanyakan formasi seblak Bandung, tidak ada ada jawaban yang jelas karena tiap aktor usaha seblak punyai versinya masing-masing dalam melakukan modifikasi aci dan topping seblak," ucapnya.

Rekomendari Seblak di Daerah Kebumen

Salah satunya warung seblak di Kebumen ialah Seblak Faireen yang berada di Jatisari rt01 RW 03 , Sukomulyo Kebumen.

Tempat seblak di Kebumen yang ini cukup populer. Rasanya yang sedap dan renyah akan membuat kamu suka.

Kamu dapat order langsung ke arah tempat itu, atau order lewat program Shopee Food dan program marketplace yang lain.



Belum ada Komentar untuk "Nyari Seblak di Kebumen? Silahkan Coba Seblak Faireen"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini