Link Shopee Disini

3 Jenis Penyakit yang Harus Diwaspadai

Penyakit yang Harus Diwaspadai




Penyakit vertigo merupakan sakit yang paling trauma saya alami. Walaupun tidak sering mengalaminya tapi begitu sekali terkena maka rasanya hanya ingi berada di atas kasur saja.

Mengapa saya begitu trauma dengan vertigo? Berikut yang saya alami ketika terserang vertigo :
  • Pusing berputar
  • Mual dan pasti muntah

Setelah pernah mengalami vertigo, akhirnya mulai saat itu juga saya berusaha mengingat sakit apa lagi yang pernah saya derita selain vertigo. Apalagi ketika usia menjelang 40 tahun maka akan rawan sekali penyakit lain yang datang.

Bukan ingin menakuti, namun begitulah yang telah saya alami selama ini dimana sakit mulai berdatangan mulai dari gejala yang ringan sampai berat. Adapun kesalahan saya selama ini yang menyebabkan mudah terserang penyakit adalah:
  • Tidak menjaga pola makan
Saya cenderung tidak pilih-pilih makanan dan itu berdampak besar bagi kesehatan. Gula dan garam yang masuk secara berlebihan ke dalam tubuh ternyata tidak baik lho. Bayangkan jika dalam seminggu kita memakan yang namanya gorengan, mie instant ditambah minum es teh manis, kopi sachetan duh yang ada selain badan makin melar juga tak bagus untuk kesehatan.

Dua tahun lalu saya pernah ikut kelas diet dan trainer saya pernah bilang kalau es batu itu tidak membuat gemuk namun jika dicampur dengan teh manis, kopi susu maka justru menimbulkan berat badan berlebih.
  • Hampir tidak pernah olahraga
Saya terlalu banyak alasan sehingga hampir tidak pernah olahraga. Ya capek, tidak sempat dan alasan ribet lainnya yang menghalangi niat olahraga tidak pernah terlaksana. Akibatnya saya menjadi mudah lelah dan gampang capek bahkan ketika hanya naik kurang dari 15 anak tangga.
  • Jarang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi
Sebenarnya manusia mampu memproduksi imunitas di dalam tubuhnya masing-masing tanpa harus mengonsumsi vitamin C dosis tinggi. Namun kalian tahu sendiri, hidup di zaman sekarang yang penuh debu dan polusi jika tidak didukung oleh suplemen penambah imunitas maka rasanya kurang afdhol.

Kesalahan saya adalah selain jarang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi, saya pun juga jarang mengonsumsi suplemen herbal untuk penambah imunitas. Akibatnya jika di samping saya ada teman atau anggota keluarga yang terkena flu maka pasti tertular dari mereka dan tak berapa lama saya pasti terserang flu juga.
  • Memiliki berat badan berlebih
Tahun 2018 saya sempat sukses menurunkan berat badan sampai 8 kilogram dam itu sudah pencapaian tertinggi. Namun rupanya faktor disiplin itu kunci ya gaes. Saya yang tidak disiplin akhirnya mulai meninggalkan kebiasaan baik selama diet dan kembali ke kebiasaan buruk.

Saya sudah tidak pernah minum air putih sebanyak 5 liter per hari (diyakini oleh trainer diet saya bisa menurunkan berat badan lebih cepat) dan mulai makan nasi dimana memang harus dihindari ketika memasuki program diet.

Waspadai 3 Penyakit Ini Ketika Memasuki Usia 40

  • Osteoarthritis
Perempuan dalam perjalanan hidupnya memproduksi yang namanya hormon estrogen dan progesteron. Namun seiring pertambahan usia maka menurun pula kadar estrogen dan progesteon pada tubuh perempuan sehingga menyebabkan terjadinya gangguan pada persendian. 

Biasanya osteoarthritis mayoritas menyerang perempuan yang sudah menopouse karena kadar kedua hormon yang saya sebutkan di atas sudah berkurang sama sekali. Biasanya osteoarthritis menyerang di daerah lutut, tulang punggu maupun tangan. 

Osteoarthritis ini tidak bisa disembuhkan secara total namun kita sebagai perempuan dapat meminimalisirnya dengan menurunkan berat badan sampai mengonsumsi obat-obatan. 

  • Kolesterol
Kolesterol sendiri merupakan sejenis lemak yang berada di dalam tubuh manusia baik itu laki-laki maupun perempuan. Namun kembali lagi, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik maka ketika kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah maka akan mengganggu aliran darah serta bisa mengakibatkan penumpukan di pembuluh darah.

Yang terjadi adalah apabila seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi maka akan mudah lelah, sering sakit kepala dan terkadang terasa nyeri di bagian tengkuk. Apabila tidak diobati segera maka bisa menimbulkan serangan jantung dan juga stroke.

Sebenarnya peluang laki-laki dan perempuan sama besarnya terserang kolesterol namun lagi-lagi keberadaan hormon estrogen dan progesteron yang menjadi pemicu seorang wanita mudah terserang kolesterol. Namun kembali lagi, faktor gaya hidup serta pola makan menjadi pemicu utama seseorang terserang kolesterol.

  • Tekanan Darah Tinggi
Seseorang dikatakan memiliki sakit darah tinggi apabila ketika diperiksa tekanan darahnya berada di angka 140/90 dan itu terjadi setelah dilakukan pemeriksaan selama 3 sampai 4 bulan berturut-turut tanpa ada penurunan yang signifikan.

Gejala penyakit yang sering disebut dengan hipertensi ini yang paling menonjol adalah sering sakit kepala. Namun tak jarang seseorang dengan sakit hipertensi juga tidak menunjukkan gejala apapun sehingga seringnya disebut dengan penyakit silent destroyer atau yang mematikan secara diam-diam.

Ada yang bilang penyakit darah tinggi ini merupakan faktor keturunan. Saya rasa di zaman sekarang ini rasanya sulit untuk mengatakan bahwa hipertensi itu karena faktor keturunan. Lagi-lagi gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat akan membawa pada tingginya risiko terkena penyakit ini.

Kesimpulan

Untuk kalian yang masih berusia kurang dari 40 tahun, saya sarankan mulailah untuk mengatur pola makan agar ketika memasuki usia tersebut tidak cemas akan penyakit yang melanda seperti saya.

Nah, bagi yang suka membaca artikel mengenai teknologi bisa kepoin blognya Mba Bayu Fitri seorang blogger Tangerang, dijamin oke punya serta dapat dipahami oleh saya yang awam mengenai teknologi serta keunggulan dari suatu smartphone.

Happy reading guys.

Belum ada Komentar untuk "3 Jenis Penyakit yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini